Minggu, 13 November 2016

TUGAS SIMULASI DIGITAL Mengerjakan Tes Formatif dari Kegiatan Belajar 9-16


TUGAS SIMULASI DIGITAL
Mengerjakan Tes Formatif dari Kegiatan Belajar 9-16
KB 9
1.     Apakah yang dimaksud dengan kewargaan digital ?
2.    Sebutkan dan jelaskan komponen kewargaan digital
3.    Apa yang dimaksud dengan jembatan keladai “THINK” dalam kewargaan digital ?

Jawab
1.     Kewargaan digital adalah konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar.
2.    Komponen kewargaan digital
Komponen kewargaan digital dapat dibagi menjadi 9 komponen yang dikategorikan menjadi 3 berdasarkan pemanfaatannya
a.    Lingkungan akademis
1)    Akses digital : setiap orang punya hak untuk memakai fasilitas TIK, tapi tidak setiap orang punya kesempatan yang sama untuk mengakses teknologi.
2)   Komunikasi digital : setiap warga digital diharapkan mengetahui jenis-jenis komunikasi, dan mengetahui kelebihan dan kekurangan komunikasi-komunikasi tersebut.
3)   Literasi digital : proses belajar mengajar mengenai teknologi dan pemanfaatan teknologi.
b.    lingkungan sekolah dan tingkah laku
1)    Hak digital : setiap warga digital mempunyai hak privasi, kebebasan berbicara, dan lain-lain. Setiap warga digital juga punya kewajiban yang harus terpenuhi, membantu pemanfaatan teknologi, mengikuti aturan yang berlaku.
2)   Etiket digital : dibuat dengan tujuan menjaga perasaan dan kenyamanan user lainnya.
3)   Keamanan digital : warga digital harus hati-hati menjaga informasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.
c.     kehidupan anda di luar lingkungan sekolah
1)    Hukum digital : mengatur etiket penggunaan teknologi dalam masyarakat.
2)   Transaksi digital : dalam jual-beli online, penjual dan pembeli harus menyadari resiko dan keuntungan jual-beli online.
3)   Kesehatan digital :  dibalik manfaat teknologi digital, ada beberapa hal yang bisa mengancam kesehatan (baik fisik maupun mental). untuk mencegahnya, kita harus menyadari bahaya yang dapat ditimbulkan teknologi digital.
3.    THINK merupakan tata krama untuk menjadi kewargaan digital yang baik dan benarkita telah menyadari pentingnya kewargaan digital.
THINK merupakan akronim dari :
- is it True (Benarkah)?
Benarkah posting Anda? Atau hanya isu yang tidak jelas sumbernya?
- is it Hurtful (Menyakitkankah)?
apakah post anda akan menyakiti perasaan orang lain?
- Is it Ilegal (ilegalkah)?
ilegalkah post anda?
- Is it Necessary (Pentingkah)?
pentingkah post anda? post yang tidak penting akan mengganggu orang lain.
- Is it Kind (Santunkah)?
santunkah post anda?, tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain?


KB 10
1.     Mengapa e-learning dibutuhkan dalam pembelajaran saat ini ?
2.    Perangkat apa saja yang diperlukan untuk melaksanakan e-learning ?
3.    Sebutkan minimal 3 kelebihan dan kelemahan e-learning!
4.    Sebutkan minimal 3 persamaan LMS dan SLN!
5.    Apakah kelebihan utama social learning network jika dibandingkan dengan social network sebagai sebuah media/platfrom e-learning disekolah?
6.    Menurut anda, fitur fitur apa sajakah yang harus ada dalam sebuah social learning network? Mengapa?
Jawab
1.     Karena e-learning dapat digunakan untuk seluruh proses pembelajaran mulai dari penyampaian bahan belajar, interaksi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran sehingga sebagai pengganti sebagian pembelajaran(complement) dan tambahan/pengayaan pembelajaran(supplement).
2.    a. Perangkat keras (hardware): komputer, laptop, netbook, maupun tablet.
b. Perangkat lunak (software): Learning Management System (LMS), Learning Content Management System (LCMS), Social Learning Network (SLN).
c. Infrastruktur: Jaringan intranet maupun internet.
d. Konten pembelajaran.
e. Strategi interaksi/komunikasi pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran
3.    Kelebihan e-learning
a.    Tersedianya fasiitas e-moderating.
b.    Menggunakan bahan ajar yang terstruktur dan terjadwal melalui internet.
c.    Berubahnya peran siswa dari pasif menjadi aktif.
Kekurangan e-learning
a.    Kurangnya interaksi antara pengajar dan siswa.
b.    Kurangnya penguasaan bahasa komputer.
c.    Siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal.
4.    Persamaan LMS dan SLN
a.    Sama sama jejaring untuk pembelajaran.
b.    Sama sama mengumpulkan dan menyampaikan konten pembelajaran dengan cepat.
c.    Sama sama mengkonsolidasikan insiatif pelatihan pada platform berbasis “web scalable”.
5.    Kelebihan social learning network dibandung social network adalah kita bisa berkomunikasi dengan siapapun tetapi berkomunikasi itu dalam rangka untuk belajar dan saling bertanya.
6.    Fitur fitur :
a.    Kotak komentar supaya mudah untuk berkomentar atau memberikan saran.
b.    sharing agar bisa sharing sesuatu yang bermanfaat.
c.    fitur aduan berguna untuk meninjau apakah baik atau tidak dari aduan pengunjung SLN.


KB 11
1.     Mengapa Anda perlu untuk menggunakan nama Anda yang sesungguhnya dalam profil Edmodo Anda? Berilah contoh, pada situasi apa Anda dapat menggunakan nama samaran dan pada situasi apaAnda harus menggunakan nama Anda yang sesungguhnya, pada saat Anda mencari dan memanfaatkan informasi dalam internet!
2.    Setelah menyelesaikan pembuatan akun dalam Edmodo, mengapa Anda
disarankan untuk mengatur profil Anda?
3.    Apabila Anda lupa password akun Edmodo Anda, padahal Anda tidak
menginformasikan e-mail Anda pada saat pendaftaran akun, apa yang akan Anda lakukan untuk dapat menggunakan akun Anda tersebut
4.    Untuk mendapatkan 100% profile completeness, hal-hal apa yang harus Anda lakukan?
5.    Pada saat Anda mendaftar menjadi siswa dalam Edmodo, mengapa Anda harus memiliki kode kelas yang Anda peroleh dari guru Anda?
6.    Setelah Anda memiliki akun Edmodo, apakah Anda membutuhkan pembuatan akun Edmodo baru, apabila Anda harus mengikuti kelas maya selanjutnya?Mengapa?
7.    Apabila Anda secara tidak sengaja keluar dari kelas maya tertentu, padahal Anda masih membutuhkan kelas tersebut, apa yang Anda lakukan untuk masuk kembali ke kelas tersebut? Bagaimana dengan segala aktivitas yang telah Anda laksanakan sebelumnya, apakah akan tetap terekam?
8.    Tuliskanlah minimal 2 kelebihan dan kekurangan model unthreaded
discussions dalam Edmodo!
9.    Apabila Anda telah melakukan posting ke note disertai dengan lampiran sebuah file presentasi, kemudian Anda membaca lagi hasil posting Anda, ternyata Anda baru menyadari bahwa Anda melampirkan file yang salah. Langkah-langkah apa yang Anda lakukan untuk memperbaiki kesalahan posting Anda?



Jawab
1.     Karena akun edmodo adalah akun resmi dari sekolah dan jika anda menggunakan nama samaran  itu terdaftar tetapi tidak dikenali oleh guru jika ada tugas yang dikumpul di EDMODO maka sama saja anda tidak mengumpulkan tugas dan tidak akan mendapat nilai dan juga bisa akun Anda akan  dihapus dari akun edmodo.
2.    Disarankan mengatur profil agar dapat dikenali sebagai seorang siswa dan agar orang lain dapat mengetahui bahwa akun tersebut merupakan akun kita.
3.    Saya akan memberitahu guru pembimbing edmodo agar saya diberikan kode masuk kembali ke akun tersebut atau terpaksa mengulang membuat akun edmodo lagi.
4.    Melengkapi identitas yang disediakan, lalu mengkonfirmasi identitas itu dengan alamat konfirmasi yang sudah dikirim lewat email atau lainnya.
5.    Karena, kode group itu akan memudahkan kita untuk terhubung kepada guru dan teman sekelas yang bersangkutan dimana guru itu bisa memberikan tugas kepada kita lewat kelas yang berkode tersebut.
6.    Tidak perlu, karena edmodo hanya memerlukan satu akun, baik untuk mengikuti kelas maya selanjutnya maupun menjawab soal dll.
7.    Masukanlah kembali kode kelas yang diberikan guru kepada anda, dan ketika masuk ke dalam kelas tersebut maka nilai dll akan terekam kembali oleh edmodo
8.    Kelebihan model unthreaded discussion :
a.    Digunakan sebagai media informasi pengumuman dan event.
b.    Sebagai info barang yang dijual dalam hal yang berkaitan dalam proses belajar.
Kelemahan model unthreaded discussion :
a.    Tidak dapat digunakan sebagai tempat diskusi.
b.    Tidak ada interaksi pengarahan pada mode ini.
9.    Mengapus file yang salah dan menggantinya dengan file baru yang benar.
KB 12
1. Apakah isi backpack Anda berbeda dengan kawan Anda? Mengapa?
2.  Berapa banyak file yang dapat Anda tambahkan ke dalam backpack Anda?
3.  Apabila Anda melakukan kesalahan dalam menuliskan nama folder kemudian Anda ingin memperbaikinya, langkah apa yang akan Anda lakukan?
4. Menurut Anda apa kelebihan dan kekurangan melihat file dalam backpack dengan tampilan “Thumb” dan “List”?
5.  Menurut Anda manakah yang lebih efektif menyimpan buku/materi belajar Anda dalam google drive ataukah dalam backpack? Jelaskan jawaban Anda!

Jawab
1.    Jarang, karena bisa jadi backpack tersebut bisa berisi tentang mata pelajaran yang sama atau berisi data penting yang sama .
2.    Batas yang digunakan adalah 100 Mb ketika upload, namun kapasitas penyimpanan keseluruhan yang tersedia tidak terbatas.
3.  Klik folder yang namanya salah lalu klik kanan kemudian klik rename. Setelah itu, ganti nama folder yang diinginkan lalu klik ok .
4.  Kelebihan Thumb : ikon/gambarnya akan terlihat besar dan jelas.
Kekurangan Thumb : tidak terdapat pilihan untuk mendownload dan preview.
Kelebihan List : terdapat pilihan download dan preview.
Kekurangan List : ikon/gambarnya akan terlihat kecil dan kurang jelas.
5.  Di Google Drive, karena aplikasi Google Drive ada di smartphone kita. Jadi, jika kita akan membuka dokumen, bisa lebih praktis.



KB 13
1.    Menurut Anda, mana yang lebih efektif mengirimkan tugas melalui e-mail atau melalui Edmodo assignment? Mengapa?
2.  Apakah perbedaan assignment dan short answer quiz?
3.  Kapan Anda memilih untuk menggunakan ikon   ini? Sebelum mengirimkan tugas, mengapa Anda harus memilih salah satu dari berbagai ikon tersebut?
4.  Setelah Anda mengirimkan tugas melalui assignment, informasi apa yang akan Anda dapatkan dari Edmodo? Apakah Anda masih dapat mengirimkan ulang tugas Anda?
5.   Ada berbagai macam cara bagi guru Anda untuk mengomentari tugas-tugas Anda. Melalui fitur-fitur apa sajakah guru Anda dapat melakukan hal tsb? Ada berbagai macam cara juga yang dapat Anda lakukan untuk menjawab komentar guru. Tuliskan melalui fitur-fitur apa sajakah Anda dapat melakukan hal tersebut?
6.   Apa yang akan terjadi apabila pada saat Anda sedang mengerjakan quiz tiba-tiba koneksi internet Anda putus? Sebutkan salah satu solusi apabila kejadian tersebut terjadi?
7.   Hal-hal apa yang harus Anda perhatikan, apabila Anda akan menjawab soal tipe Fill in the Blank!
8.   Apakah sifat khusus dari tipe pertanyaan short answer yang tidak dimiliki oleh tipe pertanyaan yang lain?
9.   Ketika Anda mengerjakan soal quiz, apakah Anda mengetahui bobot setiap soal? Melalui fitur apa Anda mengetahuinya?
10.  Sebelum Anda mengerjakan quiz, ada 3 hal yang harus Anda perhatikan. Sebutkan!
11.    Apabila Anda ingin mengusulkan remedial kepada guru Anda, langkah apa sajakah yang akan Anda lakukan?



Jawab
1.     Dengan menggunakan Edmodo assignment. Karena langkah – langkah yang digunakan lebih singkat, cepat, dan efisien.
2.    Perbedaan :
Assignment  : Tugas langsung dari guru ke murid yang dinilai langsung.
Short Answer Quiz : adalah pertanyaan yang singkat dan di jawab dengan waktu yang juga singkat.
3.    Karena fungsi dari ikon  adalah ragu atau tidak tahu dan bingung, sebaiknya di pilih karena benar-benar tidak tahu agar guru anda tidak salah menilai anda.
4.    Layanan edmodo akan memberikan pemberitahuan tentang komentar yang diberikan oleh guru Anda. Ya masih, jika tugas perlu perbaikan maka tugas Anda adalah memperbaiki jawaban, dan mengirim ulang jawaban Anda. Informasi nilai dari tugas tersebut, (tidak bisa dikirim ulang).
5.    Fitur untuk meberi komentar atau "reply" sedangkan menjawabnya dengan "answer".
6.    Tetap tenang, dan sambungkan kembali koneksi, Next Quiz.
7.    Tipe penulisan dan karekter, karena tidak akan bisa diulang ketika telah dikirim.
8.    Short answer memiliki sifat tiba-tiba dan tidak di duga.
9.    Fitur Points.
10.   
-Pertanyaan
-Pilihan Pertanyaan
-Waktu Tersisa 
-Point
11.  Melihat nilai yang ingin di remedial dan pilih opsi remedial.




KB 14
1.     Apakah perbedaan Poll dan Multiple Choice Quiz?
2.    Mengapa Anda perlu memberikan parent code kepada orang tua Anda?
3.    Apakah fungsi dari notifications?
4.    Sebutkan tiga contoh kasus yang menyebabkan Anda memanfaatkan fitur notifications!
5.    Sebutkan tiga contoh kasus yang menyebabkan Anda memanfaatkan fitur filter!
6.    Sebutkan 5 buah informasi yang dapat Anda peroleh ketika Anda membaca planner?
7.    Sebutkan sekurang-kurangnya 2 buah manfaat lencana/badge bagi Anda?

Jawab
1.     Poll itu quiznnya lebih menanyakan pendapat umum dan biasanya berbentuk essay.sedangkan multiple choice quiz seperti pilihan ganda, karena ada pilihan jawabnnya.
2.    Agar orang tua kita juga bisa mengikuti perkembangan belajar  dan capaian atau prestasi yang telah kita laksaakan dalam belajar nelalui edmodo, dan agar orang tua kita bisa terhubung dengan kita melalui edmodo.
3.    Fungsi dari notification yaitu untuk melihat pemberitahuan berupa pesan langsung dari guru ( direct messages ), pengumuman (alerts), catatan (notes), balasan (replies), tugas (assignments), dan kuis (quizzes).
4.    Contoh kasus yang menyebabkan kita memanfaatka fitur notification :
a)    Jika kita mendapatkan tugas individu dari guru melalui pesan langsung (direct messages), maka kita bisa melihatya melalui notification.
b)   Teman kelas memberikan pengumuman, lalu kita melihatnya dengan menggunakan fitur notification
c)    Kita mendapat balsan dari guru tentang pertanyaan yang sudah kita ajukan maka kita bisa melihat balasan dari guru kita melalui fitur notification.
5.    Contoh kasus yang menyebabkan kita memanfaatkan fitur filter :
a.    Apabila guru kita memberikan tugas melalui edmodo, lalu kita bisa mencari tugas yang telah diposting guru kita melalui fitu filter. Dengan memilih satu pilihan pada filter yaitu author by teacher.
b.    Jika kita ingin mencari kelas/grup yang kita ikuti di edmodo, maka bisa menggunakan fitur filter.
c.    Apabila kita ingi mencari teman kita, maka kita bisa mencarinya dengan cara menuliskan namanya pada fitur filter.
6.    Informasi yang dapat diperoleh ketika membaca planner, antara lain :
a.    Guru atau siswa dapat mengorganisasikan waktu.
b.    Dapat mengelompokkan content secara otomastis bersama kuis, tugas dan alert yang telah dikirim untuk group – group khusus.
c.    Siswa akan diingatkan ketika hal yang berbeda (misalnya tugas, kuis) datang atau telah melampaui batas waktu.
d.    Melihat tugas – tugas yang belum dikerjakan.
e.    Siswa selalu terinformasi akan batas waktu (deadline) suatu kegiatan.
7.    Manfaat lencana?badge :
a.    Sebagai motifasi, karena dengan menerima lencana artinya kita mendapat perhatian dari guru.
b.    Sebagai bukti bahwa progress kita meningkat.

Tidak ada komentar: